Semangatku Berlatih Voli di Sparta

Berawal ikut mengantar kakak latihan, mulai tertarik olah raga Bola Voli.

by Heda Pradata

Saya dilahirkan dilingkungan Militer/TNI -AL. 29 Januari 1996, anak kedua dari 2 bersaudara. Kedua orang tua saya gemar olah raga voli, saya mempunyai kakak laki-laki yang bernama Hendra Pranata yang berlatih voli di Sparta Volleyball Club Sidoarjo.

Heda Pradata

Heda Pradata

Berawal ikut mengantar kakak latihan, saya mulai tertarik olah raga voli. Waktu itu saya duduk di bangku kelas VI SD (Sekolah Dasar) dan selesai UNAS ingin mengikuti latihan voli di Sparta. Setelah lulus UNAS aku putuskan untuk mendaftar di Sparta.

Para pelatih Sparta memberikan materi berlatih secara berurutan, dan aku masih ingat waktu itu, pertama-tama aku dilatih passing di arahkan ke tembok sampai benar-benar bisa, berikutnya Passing sendiri (bola dilambungkan), latihan smash ke tembok dan lain-lain. Teknik dasar bola voli ini aku pelajari dan aku praktekkan kurang lebih 1 tahunan dibawah bimbingan para pelatih Sparta.

Setelah menguasai teknik dasar, baru dipilih untuk masuk ke kelompok remaja (lapangan 2). Disini mulai dikenalkan pemukulan bola yang benar sambil melompat, cara melompat, servis, block, cover dan permainan bola voli, serta pergeseran tempat ketika bertahan, ini saya jalani kurang lebih 1,5 tahun. Berikutnya diseleksi lagi untuk masuk di kelompok yunior, sekalipun waktu itu saya masih dalam kelompok remaja.

Tanpa terasa setahun telah berlalu, kebetulan waktu itu ada kejuaraan PORKAB (Pekan Olah Raga Kabupaten) Sidoarjo antar SMA, yang diselenggarakan oleh KONI Sidoarjo dari tanggal 26 sampai dengan 31 Mei 2010 dan dan tim saya mendapatkan juara I. Saya masuk SLTA  dengan jalur prestasi Voli. Di akhir tahun 2010 tepatnya  3 sampai dengan 5 Desember 2010, saya mendapat kesempatan lagi untuk memperkuat tim saya mengikuti lomba antar SMA se Jawa timur memperebutkan piala UNESA CUP III dan menjadi juara I voli putri. Tidak selang beberapa lama yaitu 27-28 Desember 2010, saya memperkuat tim saya lagi mengikuti Open Tournament antar SMA/MA se Kabupaten Sidoarjo yang diselenggarakan oleh SMA KEMALA BHAYANGKARI 3 Porong  dan menjadi juara II voli putri.

Pada bulan Januari 2010 ada panggilan lewat sekolah untuk mengikuti seleksi tim Pra Porprov 3 Jatim Kabupaten Sidoarjo. Alhamdulillah saya masih masuk di 16 orang yang dipilih. Pemilihan berikutnya saya termasuk salah satu dari 4 teman ku yang tereliminasi untuk masuk ke 12 orang yang dipilih. Tapi itu tidak menjadikan saya kecil hati, karena saya masih punya kesempatan untuk memperkuat tim Liga Remaja. Pada saat yang bersamaan (seleksi tim Pra Porprov Sidoarjo) saya terpilih untuk mengikuti Tournament LKS se Jawa Timur di Malang (6-10 Maret 2011) dan tim saya hanya masuk sampai di 8 besar.

Dalam seleksi Pra Porprov saya masuk seleksi Liga Remaja dan saya harus giat lagi latihan, karena masih banyak event yang akan datang, selagi usia saya masih muda.  Saya harus disiplin, mendengarkan apa yang diberikan oleh para pelatih Sparta dan harus dilakukan apa yang dimaksud pelatih.

Selama latihan, saya berinteraksi pada teman-teman. Pesan saya pada teman-teman, jangan berkecil hati bila dalam seleksi tidak terpilih, tetaplah giat berlatih agar dapat mengikuti event yang lainnya. Harus latihan yang lebih giat lagi, disiplin dan rajin. Insya Allah akan menjadi yang lebih baik dan akan berhasil. Terima kasih banyak pelatih-pelatihku….

Tulisan ini dipublikasikan di Profil Atlit dan tag . Tandai permalink.

3 Balasan ke Semangatku Berlatih Voli di Sparta

  1. Ping balik: Bola Voli – Olah Raga Rakyat | Sparta Volleyball Club Blog

  2. miftachul ulum berkata:

    semangatmu latihan memang bagus mbak, untuk meniru butuh kayak gitu agak sulit kecuali ada keteladanan dari lingkungan

Tinggalkan Balasan

