William G. Morgan Pencipta Bola Voli

Pencipta bola voli, sejarah umum, aturan, dan objek dari permainan

Pada awal penemuannya, permainan olahraga bola voli ini diberi nama Mintonette. Olahraga Mintonette ini pertama kali ditemukan oleh seorang Instruktur pendidikan jasmani (Director of Phsycal Education) yang bernama William G. Morgan di YMCA pada tanggal 9 Februari 1895, di Holyoke, Massachusetts (Amerika Serikat), dan dalam sejarah bola voli Mr. William G. Morgan dikukuhkan sebagai Pencipta Olahraga Bola voli

"William G. Morgan"

William G. Morgan

William G. Morgan dilahirkan di Lockport, New York pada tahun 1870, dan meninggal pada tahun 1942. YMCA (Young Men’s Christian Association) merupakan sebuah organisasi yang didedikasikan untuk mengajarkan ajaran-ajaran pokok umat Kristen kepada para pemuda, seperti yang telah diajarkan oleh Yesus. Organisasi ini didirikan pada tanggal 6 Juni 1884 di London, Inggris oleh George William.

Setelah bertemu dengan James Naismith (seorang pencipta olahraga bola basket yang lahir pada tanggal 6 November 1861, dan meninggal pada tanggal 28 November 1939), Morgan menciptakan sebuah olahraga baru yang bernama Mintonette. Sama halnya dengan James Naismith, William G. Morgan juga mendedikasikan hidupnya sebagai seorang instruktur pendidikan jasmani. William G. Morgan yang juga merupakan lulusan Springfield College of YMCA , menciptakan permainan Mintonette ini empat tahun setelah diciptakannya olahraga permainan basketball oleh James Naismith. Olahraga permainan Mintonette sebenarnya merupakan sebuah permainan yang diciptakan dengan mengkombinasikan beberapa jenis permainan. Tepatnya, permainan Mintonette diciptakan dengan mengadopsi empat macam karakter olahraga permainan menjadi satu, yaitu bola basket, baseball, tenis, dan yang terakhir adalah bola tangan (handball). Pada awalnya, permainan ini diciptakan khusus bagi anggota YMCA yang sudah tidak berusia muda lagi, sehingga permainan ini-pun dibuat tidak seaktif permainan bola basket.
Perubahan nama Mintonette menjadi volleyball (bola voli) terjadi pada pada tahun 1896, pada demonstrasi pertandingan pertamanya di International YMCA Training School. Pada awal tahun 1896 tersebut, Dr. Luther Halsey Gulick (Director of the Professional Physical Education Training School sekaligus sebagai Executive Director of Department of Physical Education of the International Committee of YMCA) mengundang dan meminta Morgan untuk mendemonstrasikan permainan baru yang telah ia ciptakan di stadion kampus yang baru. Pada sebuah konferensi yang bertempat di kampus YMCA, Springfield tersebut juga dihadiri oleh seluruh instruktur pendidikan jasmani. Dalam kesempatan tersebut, Morgan membawa dua tim yang pada masing-masing tim beranggotakan lima orang.
Dalam kesempatan itu, Morgan juga menjelaskan bahwa permainan tersebut adalah permainan yang dapat dimainkan di dalam maupun di luar ruangan dengan sangat leluasa. Dan menurut penjelasannya pada saat itu, permainan ini dapat juga dimainkan oleh banyak pemain. Tidak ada batasan jumlah pemain yang menjadi standar dalam permainan tersebut. Sedangkan sasaran dari permainan ini adalah mempertahankan bola agar tetap bergerak melewati net yang tinggi, dari satu wilayah ke wilayah lain (wilayah lawan).
Sejarah bola voli  next…..

Sejarah voli

Umum sejarah voli, pencipta, aturan, dan objek permainan
Voli Sejarah dan Evolusi Olahraga

Voli berasal di Amerika Serikat pada tahun 1895 sebagai campuran bola basket, baseball, tenis, dan bola tangan.

Hari ini, voli telah menyebar ke 211 negara di seluruh dunia, dan diakui sebagai olahraga benar-benar internasional, banyak dimainkan, populer.

Pada tahun 1895, William G. Morgan, seorang instruktur pada Young Men’s Christian Association (YMCA) di Holyoke, Mass Morgan menciptakan permainan bola voli, pada waktu itu disebut mintonette.

Pada tahun 1896, pertandingan resmi pertama Voli dimainkan di Springfield College.

Pada tahun 1900, bola voli cukup populer bahwa bola baru disesuaikan untuk olahraga.

Lima tahun kemudian, bola voli juga menyebar ke Kuba. Hal ini ditandai internasional awal era Voli.

Pada tahun 1907, Voli disajikan di Playground konvensi Amerika sebagai salah satu olahraga paling populer. Ini adalah olahraga kredit pertama yang diterima, dan membantu untuk lebih pengakuan olahraga.

Selama lima tahun ke depan voli menyebar ke negara-negara Amerika Tengah.

Pada tahun 1913, bola voli diselenggarakan di Timur Jauh Games. Ini adalah kompetisi voli resmi pertama.

Pada tahun 1916, bola voli tiba di YMCA Brasil dan Amerika Selatan. Set dan spike pertama kali dilaksanakan di Filipina. Sistem ofensif berubah bagaimana permainan ini dimainkan. Untuk pertama kalinya bola didirikan di lintasan tinggi dan kemudian dibubuhi dengan rekan satu tim. Filipina menciptakan membunuh, dikenal di Amerika Serikat sebagai Bomba. Bomba ini dinamakan penyerang yang disebut bomberino tersebut.

Aturan dan turnamen muncul sebagai akibat dari pembentukan Amerika Serikat Voli Asosiasi USVBA. AS Terbuka pertama dipentaskan, sebagai bidang terbuka untuk pasukan non-YMCA. Amerika Serikat Voli Association (USVBA) dibentuk pada tahun 1928 dan diakui sebagai aturan-membuat, mengatur tubuh di Amerika Serikat.

Sejak tahun 1928, USVBA, sekarang dikenal sebagai Amerika Serikat Voli (USAV), telah menempatkan di nasional laki-laki dan (umur 35 dan lebih tua) pria kejuaraan voli senior setiap tahun kecuali selama 1944 dan 1945.

Perempuan USVBA divisi dimulai pada tahun 1949 dan telah berkembang sejak saat itu.

Pada akhir 1940-an, beberapa federasi nasional Eropa mulai membahas kebutuhan untuk menciptakan suatu badan internasional untuk olahraga voli.

The FIVB didirikan di Paris, Perancis pada tahun 1947. awal diskusi akhirnya mengarah pada instalasi Kongres Konstitutif pada tahun 1947. Empat belas federasi nasional mewakili lima benua yang berbeda menghadiri rapat dimana organisasi resmi dibentuk.

Salah satu tujuan utama dari 1947 Kongres dicapai dua tahun kemudian dengan berdirinya acara voli pertama internasional, Kejuaraan Dunia.

Pada tahun 1952, seorang perempuan bermain di turnamen FIVB untuk pertama kalinya dalam sejarah voli.

About these ads
Tulisan ini dipublikasikan di Sejarah dan tag , , , , . Tandai permalink.

3 Balasan ke William G. Morgan Pencipta Bola Voli

  1. Ping balik: Bola Voli Sebagai Olahraga Rakyat | Sparta Volleyball Club Blog

  2. Ping balik: Sejarah Bola Voli | Sparta Volleyball Club Blog

  3. ivan berkata:

    i like volleyball and its cool william

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s